Arsip Blog

Cari Blog Ini

Kamis, 29 Maret 2012

Gaya Pembelajaran

Batasan gaya pembelajaran
1.      Komando » guru dominan 100 %
2.      Latihan » guru memberi tugas dan siswa menentukan
3.      Berbalasan » siswa menjadi pelaku, siswa lain mengamati dan memberi umpan balik
4.      Menilai diri sendiri » siswa di beri petunjuk untuk menilai penampilan dirinya. Pada saat latihan siswa berusaha menentukan kekurangan dirinya dan mencoba memperbaikinya.
5.      Partisipatif » guru menentukan tugas pembelajaran yang memiliki target atau kriteria yang berbeda kesulitanya dan siswa diberi keleluasan menentukan tugas sesuai dengan kemampuannya.
6.      Penemuan terbimbing » guru membimbing siswa ke arah jawaban yang benar via serangkaian tugas yang di rancang guru.
7.      Pemecahan masalah » guru memberi tugas atau masalah yang akan mengarahkan siswa pada jawaban yang bisa diterima untuk memecahkan masalah tsb.
Tahap pelaksanaan
·         Pre-impact set ( keputusan yang di buat asebelum PBM, meliputi tugas gerak yang harus dipelajari, waktu, alat, tempat, kriteria keberhasilan, prosedur dan materi penilaian )
·         Inpact set ( keputusan yang berkenaan dengan pelaksanaan peambelajaran )
·         Post impact set ( keputusan yang berhubungan dengan penilain atau pelaksanaan tugas pada impact set, termasuk pemberian koreksi, umpan balik, dan penilain serta kesesuian antara maksud dan aksi.
Gaya pembelajaran komando
Ciri » guru atau pelatih dominan 100 %
Teori yang mendasari teori belajar behaviorisme khusus tentang S-R
Peran guru
·         Mendidk                        semua variabel   » persiapan
·         Mengontrol                                                 » pelaksanaan
                                                                » penilain
Kelemahan gaya komando
·         Siswa di anggap tidak berfikir
·         Tidak peka terhadap keperluan dan pembedaan perorangan
·         Menghanbat perkembangan kreatifitas dan individualitas
·         Tidak bersemangant
Kelebihan gaya komando
·         Membina keseragaman
·         Penampilan keterampilan
·         Penampilan yang serempak / menarik
·         Bila waktu pendek / singkat hasilnya lebih dripada gaya yang lain
·         Tidak memerlukan atau mementingkan pengetahuan yang mendalam
·         Sepenuhnya dapat di kontrol guru
Gaya Tugas
            Sara menyampaikan pembelajaran sebagian di serahkan kepada siswa
Kelemahan gaya tugas
·         Memanfaatkan keadaan bagi siswa yang kurang mampu dan tidak aktif menyembunyikan diri sendiri
Kelebihan gaya tugas
·         Guru lebih leluasa memberikan koreksi
·         Penggunaan alat lebih efisien
·         Cocok untuk kelompok beser atau kecil
Gaya resiprokal
             Terjadi umpan balik, dimana peranan guru untuk mengoreksi diserahkan kepada siswa
Kelebihan gaya resiprokal
·         Mamberikan nilai positif terutama kognitif
·         Bersikap kritis
·         Menghindarkan diri dari kesalahan berlarut larut
Kekurangan gaya resiprokal
·         Kontrol emoso siswa terlalu over
Gaya self chek
            Dimana siswa tidak hanya berperan menilai tugas gerak teman tapi menilai dirinya sendiri.
Gaya inklusi
            Dimana siswa diberikan tugas yang berbeda sesuai dengan kemampuannya.

2 komentar:

  1. pa tlong posting mteri krakteristik pembelajaran sm krakteristik mengajar. .

    BalasHapus
  2. sipp..
    mf ky bapa nya baru on lagi,, sibuk kerjaan jadi jarang OL..

    BalasHapus