Batasan gaya pembelajaran
1.
Komando »
guru dominan 100 %
2.
Latihan »
guru memberi tugas dan siswa menentukan
3.
Berbalasan
» siswa menjadi pelaku, siswa lain mengamati dan memberi umpan balik
4.
Menilai
diri sendiri » siswa di beri petunjuk untuk menilai penampilan dirinya. Pada
saat latihan siswa berusaha menentukan kekurangan dirinya dan mencoba
memperbaikinya.
5.
Partisipatif
» guru menentukan tugas pembelajaran yang memiliki target atau kriteria yang
berbeda kesulitanya dan siswa diberi keleluasan menentukan tugas sesuai dengan
kemampuannya.
6.
Penemuan
terbimbing » guru membimbing siswa ke arah jawaban yang benar via serangkaian
tugas yang di rancang guru.
7.
Pemecahan
masalah » guru memberi tugas atau masalah yang akan mengarahkan siswa pada
jawaban yang bisa diterima untuk memecahkan masalah tsb.
Tahap pelaksanaan
·
Pre-impact
set ( keputusan yang di buat asebelum PBM, meliputi tugas gerak yang harus
dipelajari, waktu, alat, tempat, kriteria keberhasilan, prosedur dan materi
penilaian )
·
Inpact set
( keputusan yang berkenaan dengan pelaksanaan peambelajaran )
·
Post impact
set ( keputusan yang berhubungan dengan penilain atau pelaksanaan tugas pada
impact set, termasuk pemberian koreksi, umpan balik, dan penilain serta
kesesuian antara maksud dan aksi.
Gaya pembelajaran komando
Ciri » guru atau pelatih dominan
100 %
Teori yang mendasari teori belajar
behaviorisme khusus tentang S-R
Peran guru
·
Mendidk semua variabel » persiapan

·
Mengontrol »
pelaksanaan
» penilain
Kelemahan gaya komando
·
Siswa di
anggap tidak berfikir
·
Tidak peka
terhadap keperluan dan pembedaan perorangan
·
Menghanbat
perkembangan kreatifitas dan individualitas
·
Tidak
bersemangant
Kelebihan gaya komando
·
Membina
keseragaman
·
Penampilan
keterampilan
·
Penampilan
yang serempak / menarik
·
Bila waktu
pendek / singkat hasilnya lebih dripada gaya yang lain
·
Tidak
memerlukan atau mementingkan pengetahuan yang mendalam
·
Sepenuhnya
dapat di kontrol guru
Gaya Tugas
Sara
menyampaikan pembelajaran sebagian di serahkan kepada siswa
Kelemahan gaya tugas
·
Memanfaatkan
keadaan bagi siswa yang kurang mampu dan tidak aktif menyembunyikan diri
sendiri
Kelebihan gaya tugas
·
Guru lebih
leluasa memberikan koreksi
·
Penggunaan
alat lebih efisien
·
Cocok untuk
kelompok beser atau kecil
Gaya resiprokal
Terjadi umpan balik, dimana peranan guru untuk
mengoreksi diserahkan kepada siswa
Kelebihan gaya resiprokal
·
Mamberikan
nilai positif terutama kognitif
·
Bersikap
kritis
·
Menghindarkan
diri dari kesalahan berlarut larut
Kekurangan gaya resiprokal
·
Kontrol emoso
siswa terlalu over
Gaya self chek
Dimana
siswa tidak hanya berperan menilai tugas gerak teman tapi menilai dirinya
sendiri.
Gaya inklusi
Dimana
siswa diberikan tugas yang berbeda sesuai dengan kemampuannya.
pa tlong posting mteri krakteristik pembelajaran sm krakteristik mengajar. .
BalasHapussipp..
BalasHapusmf ky bapa nya baru on lagi,, sibuk kerjaan jadi jarang OL..