Ruang lingkup SBM Penjas
Strategi
pembelajaran
1.
Prosedur
a.
Pendahuluan
b.
Inti
c.
Penutup
2.
Metode
a.
Bahan
b.
Praktek
c.
Guru /
siswa
3.
Media
a.
Verbal
b.
Audio
c.
Visual
d.
Lapangan
4.
Pengelolaan
kelas
5.
Waktu
Fungsi dan manfaat SBM
·
Permainan
keberhasilan proses pembelajaran
·
Pelakat
dasar kegiatan proses pembelajaran
·
Patokan
atau ukuran keberhasilan pelaksanaan pembelajaran
·
Meningkatkan
efisiensi dan efektifitas proses pembelajaran
Macam – macam strateagi pembelajaran
1.
Pembelajaran
interaktif.
Guru dominan dalam PBM ( = gaya komando ) guru menyuruh
siswa melakukan, guru bertanya siswa menjawab.
2.
Pembelajaran
berpangkal atau berporos.
Gaya latihan
3.
Pengajaran
sesama teman.
Gaya resiprokal ( umpan balik )
4.
Pembelajaran
cooperatif.
Siswa diberi tugas untuk diselesaikan secara berkelompok
5.
Strategi
pembelajaran diri
Siswa di beri tugas untuk di selsaikan sendiri dalam
jangka waktu tertentu, dalam hal ini sistem tutorial berlaku
6.
Strategi
kognitif
Strategi yang memerlukan fungsi kognitif ( seperti
pemecahan masalah ) yang dapat di lakukan dengan konvergen dan divergen
7.
Pembelajaran
beregu
Melibatkan lebih banyak guru untuk mengajar pada
kelempok
Prosedur pembelajaran
1.
Pendahuluan
Stretching » lari / joging / permainan, dinamis
2.
Inti
Persentasi ( fase kognitif )
a.
Penjelasan
b.
Peragaan
c.
Percobaan (
fase fiksasi ) » seluruh siswa wajib mencoba
d.
Penyempurnaan
( fase otomatisasi )
Metode pembelajaran penjas
1.
Metode
latihan terpusat ( blocked practice )
Contoh
pass bawah 20X, pass atas 20X, service 20X
( satu
tugas selesai baru pindah ke tugas yang lain )
2.
Metode
latihan acak ( random partice )
Contoh
1X pass bawah, 1X pass atas, 1X service, setelah selesai kembali lagi ke awal.
3.
Metode
keseluruhan ( wahole method )
4.
Metode
bagian ( part method )
5.
Metode
campuran ( whole-part method )
6.
Metode
proresif
7.
Metode
bimbingan
Metode
ini efektif digunakan pada latihan dini dantugas yang berbahaya ( senam lantai,
renang )
8.
Metode
praktek padat ( massed practice )
9.
Metode
praktek distribusi ( distributed pratice )
Metode
1.
Bahan
a.
Bagian
b.
Keseluruhan
2.
Praktek
a.
Padat
Cara
melatih secaara terus menerus tanpa diselingi istirahat
b.
Distribusi
Cara
melatih secara terus menerus dengan di selingi waktu istirahat
i.
Linear
Waktu istirahat
tetap
ii.
Progresif
Waktu
istirahat berbeda
·
Meningkat
·
Menurun
3.
Guru /
siswa
a.
Komando
b.
Tugas
c.
Resiprokal
d.
Kelompok
kecil
e.
Inklusi
f.
Penemuan
terpimpin
g.
Pemecahan
masalah
h.
Pembelajaran
sendiri
Tidak ada komentar:
Posting Komentar