Arsip Blog

Cari Blog Ini

Selasa, 01 Mei 2012

SBM


Ruang lingkup SBM Penjas
*      Strategi pembelajaran
1.      Prosedur
a.       Pendahuluan
b.      Inti
c.       Penutup
2.      Metode
a.       Bahan
b.      Praktek
c.       Guru / siswa
3.      Media
a.       Verbal
b.      Audio
c.       Visual
d.      Lapangan
4.      Pengelolaan kelas
5.      Waktu

Fungsi dan manfaat SBM
·         Permainan keberhasilan proses pembelajaran
·         Pelakat dasar kegiatan proses pembelajaran
·         Patokan atau ukuran keberhasilan pelaksanaan pembelajaran
·         Meningkatkan efisiensi dan efektifitas proses pembelajaran

Macam – macam strateagi pembelajaran
1.      Pembelajaran interaktif.
Guru dominan dalam PBM ( = gaya komando ) guru menyuruh siswa melakukan, guru bertanya siswa menjawab.
2.      Pembelajaran berpangkal atau berporos.
Gaya latihan
3.      Pengajaran sesama teman.
Gaya resiprokal ( umpan balik )
4.      Pembelajaran cooperatif.
Siswa diberi tugas untuk diselesaikan secara berkelompok
5.      Strategi pembelajaran diri
Siswa di beri tugas untuk di selsaikan sendiri dalam jangka waktu tertentu, dalam hal ini sistem tutorial berlaku
6.      Strategi kognitif
Strategi yang memerlukan fungsi kognitif ( seperti pemecahan masalah ) yang dapat di lakukan dengan konvergen dan divergen
7.      Pembelajaran beregu
Melibatkan lebih banyak guru untuk mengajar pada kelempok

Prosedur pembelajaran
1.      Pendahuluan
Stretching » lari / joging / permainan, dinamis
2.      Inti
Persentasi ( fase kognitif )
a.       Penjelasan
b.      Peragaan
c.       Percobaan ( fase fiksasi ) » seluruh siswa wajib mencoba
d.      Penyempurnaan ( fase otomatisasi )

Metode pembelajaran penjas
1.      Metode latihan terpusat ( blocked practice )
Contoh pass bawah 20X, pass atas 20X, service 20X
( satu tugas selesai baru pindah ke tugas yang lain )
2.      Metode latihan acak ( random partice )
Contoh 1X pass bawah, 1X pass atas, 1X service, setelah selesai kembali lagi ke awal.
3.      Metode keseluruhan ( wahole method )
4.      Metode bagian ( part method )
5.      Metode campuran ( whole-part method )
6.      Metode proresif
7.      Metode bimbingan
Metode ini efektif digunakan pada latihan dini dantugas yang berbahaya ( senam lantai, renang )
8.      Metode praktek padat ( massed practice )
9.      Metode praktek distribusi ( distributed pratice )
Metode
1.      Bahan
a.       Bagian
b.      Keseluruhan
2.      Praktek
a.       Padat
Cara melatih secaara terus menerus tanpa diselingi istirahat
b.      Distribusi
Cara melatih secara terus menerus dengan di selingi waktu istirahat
                                                              i.      Linear
Waktu istirahat tetap
                                                            ii.      Progresif
Waktu istirahat berbeda
·         Meningkat
·         Menurun
3.      Guru / siswa
a.       Komando
b.      Tugas
c.       Resiprokal
d.      Kelompok kecil
e.       Inklusi
f.       Penemuan terpimpin
g.      Pemecahan masalah
h.      Pembelajaran sendiri

Tidak ada komentar:

Posting Komentar